x

Login

Lupa Password

Berita SJSN > Jaminan Kesehatan

12 Nopember 2015

Pasien BPJS RS Sardjito Didominasi Penyakit Ganas

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sebanyak 60 persen pasien yang menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan di RS Sadjito, Yogyakarta, menderita penyakit ganas.

"Ada yang menderita tumor ganas yang menyerang otak, payudara dan rahim," kata Kepala Humas dan Hukum RS Sadjito, dr Trisno Heru Nugroho, kepada Metrotvnews.com, di Yogyakarta, Kamis (12/11/2015).

Pasien banyak dirujuk ke RS Sardjito ini karena memiliki fasilitas dan sarana lengkap untuk mengobati penyakit berat. "RS Sardjito masuk kategori RS Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK) kelas tiga yang khusus menangani penyakit-penyakit berat. Untuk penyakit berat, BPJS akan merujuk ke kami," ucapnya.

Ia menambahkan, dalam sebulan ada 1.700 peserta BPJS yang melakukan rawat inap dan 16 ribu pasien rawat jalan. "Kalau pasien rawat jalan kebanyakan kena penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes," kata dia.

Selama ini, kata dia, RS Sardjito tak pernah menemui kendala dalam pencairan klaim BPJS. "Pencairan selama ini lancar dan cepat. Tidak ada masalah. Dalam dua minggu sudah bisa diklaim," ujar dia.

Dalam sebulan, jumlah tagihan klaim BPJS sebesar Rp36-40 miliar. "Itu rata-rata bulanan selama 2015 dari Januari-Juli," kata Heru.

Beberapa kendala yang masih dialami adalah sulitnya memberikan obat kepada pasien yang punya lebih dari satu penyakit. "Banyak pasien di sini penyakitnya berat-berat dan lebih dari satu. Penyakit komplikasi itu tidak terdaftar dalam formularium BPJS. Akibatnya pembayaran dari BPJS agak tersendat. Tapi sesudah kami komunikasikan sudah dapat dicairkan," kata dia. 

Follow Kami di:

Komentar
Email*
Nama
Website
IklanIklanIklanIklan



Kembali Ke Jamsosda Atas